Rabu, 11 Maret 2009

AMBISI DAN AMBUISIUS


Untuk meraih tujuan yang diinginkan terkadang orang terlalu memaksakan diri sehingga sering mengalami kekecewaan. Memiliki suatu ambisi memang boleh-boleh saja untuk memotivasi diri sendiri tapi jangan terlalu ambisius. Karena seseorang yang berambisius akan mengorbankan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu. Jadi tidak ada salahnya anda sesekali melepaskan ambisi yang berlebihan untuk sesaat. Simak beberapa langkah untuk melepaskannya, dibawah ini.

Berpikir Positif. Untuk menjadi diri sendiri dan bisa mengontrol diri adalah berpikir secara positif. Terkadang saat ambisius muncul, anda ingin menjadi yang terbaik dalam segala bidang. Tetapi biasanya anda tidak terpikir, apakah hal itu baik atau tidak. Saat anda melakukan suatu kesalahan, apakah anda akan mengkritik diri sendiri?

Katakan pada diri anda sendiri bahwa apa yang telah anda lakukan adalah yang terbaik. Mulailah berpikir positif untuk diri anda sendiri tanpa membuat anda over percaya diri. Memang hal ini tidak mudah dilakukan, tapi saat anda merasakan efeknya berpikir positif maka tidak akan ada lagi pikiran negatif. Dengan mengatakan pada diri tentang hal-hal baik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik juga.

Tentukan tujuan jelas. Salah satu sifat orang yang ambisi adalah berusaha sekeras mungkin untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Tentu saja hal ini tidak salah tapi jika apa yang diinginkannya tidak tercapai maka akan mengalami kekecewaan yang cukup mendalam.

Biasanya orang yang ambisius tidak berpikir panjang dan tidak memiliki rencana sukses. Karena mereka lebih banyak mengikuti kata hatinya saja. Jadi matangkan rencana dengan sempurna dan bayangkan kesuksesan akan rencana tersebut. Pikirkan sesuatu hal yang kemungkinan akan terjadi sehingga saat rencana mengalami kegagalan maka tidak akan kecewa. Satu hal yang perlu dipertahankan adalah terus bangkit dan buatlah rencana baru.

Salah satu cara untuk mengenal diri sendiri adalah kritikan atau saran dari orang terdekat. Jadi bukalah diri anda untuk menghadapi kritikan dan pujian agar anda bisa mengetahui kualitas diri anda sendiri. Ajaklah mereka untuk mendiskusikan masalah anda agar mereka selalu siap memberi dukungan kepada anda.

Memang banyak orang yang tidak suka dengan sifat ambisius karena terkesan belagu. Mulailah jadikan diri anda, seseorang yang berbeda tapi tetap menyenangkan. Dengan begitu akan tercipta citra diri anda yang lebih baik.

Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah jangan memaksakan diri untuk tampil menjadi yang terbaik. Setiap orang memiliki keterbatasan masing-masing, dengan segala kelebihan dan kekurangan. Tapi jika anda terlalu keras pada diri sendiri maka anda juga akan kecewa.

Jadi janganlah memaksakan diri untuk meraih kesuksesan saat anda melihat oranglain mengalami kesuksesan. Pelajari kemampuan yang anda miliki agar memudahkan anda memraih kesuksesan. Asah terus kemampuan dan wawasan anda serta minimalis kekurangan anda. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar