Rabu, 11 Maret 2009

YANG MUDAH DIPANDANG SEBELAH MATA


Siapa bilang usia muda tidak bisa memiliki tanggung jawab yang besar dan memegang jabatan yang cukup lumayan? Kini banyak profesional muda yang mampu unjuk gigi bahwa mereka mampu memegang level manager. Tetapi terkadang usia muda seringkali dianggap remeh oleh beberapa orang di sekitarnya. Bagi anda profesional muda, sebaiknya simak beberapa langkah untuk menyikapi masalah tersebut agar orang yang ada disekitar mengakui kemampuan anda.

Nobody’s Perfect. Untuk memperoleh kredibilitas tidak berarti bahwa anda harus menjadi seorang yang sempurna. Kredibilitas akan dinilai berdasarkan pada apa yang anda ketahui dan apa yang tidak, serta bagaimana anda menyikapi hal tersebut. Dengan kata lain ada harus bersikap realistis untuk mau mengakui apa yang tidak bisa anda kerjakan dan apa yang bisa anda kerjakan. Jika anda dapat melakukannya maka orang lain (termasuk klien dan rekan kerja senior) pasti akan menaruh hormat dan percaya pada kemampuan anda.

Aturan Main. Dalam dunia kerja selalu ada aturan main yang berlaku baik secara tertulis maupun tidak tertulis, seperti cara berbusana dan berkomunikasi Sehebat apa pun anda atau seberapa banyak pun gelar yang disandang aturan tersebut tidak boleh diabaikan. Anda harus belajar untuk menyesuaikan diri dengan budaya yang ada dalam perusahaan. Jika anda kebetulan berusia muda mau mengikuti aturan maka kesenjangan antara senior dan yunior akan dapat diminimalisasikan dengan cepat.

Tunjukkan Kinerja. Satu cara paling efektif menghilangkan kritik atau pandangan negatif dari orang lain adalah dengan menunjukkan kinerja. Intinya adalah orang lain jarang peduli bagaimana anda mengerjakan tugas atau pekerjaan yang diberikan, tetapi yang menjadi pokok perhatian adalah apakah anda mampu mengerjakan tugas dengan baik. Sekali orang yang mengkritik anda melihat bahwa anda melakukan suatu pekerjaan atau tugas dengan sukses maka ia akan berhenti menganggap remeh.

Hargai Perbedaan. Perbedaan akan selalu ada dan tidak selalu bisa disatukan. Tapi anda tidak perlu berkecil hati, karena hal tersebut tidak dilakukan oleh anda tetapi memang sudah menjadi karakteristik dari rekan kerja senior. Salah satu cara agar hal ini tidak membuat frustasi adalah dengan mengakui adanya perbedaan tersebut dan menunjukkan bahwa memang ada perbedaan cara dan gaya kerja antara anda yang berusia muda dengan para senior yang berusia lebih tua.

Rendah Hati. Dalam bekerja ada banyak kesempatan dimana anda dituntut untuk bersikap rendah hati dengan mau berbagi atau mendelegasikan tugas-tugas kepada orang lain, terutama untuk hal-hal yang bukan menjadi kompetensi anda. Pada saat anda tahu bahwa ada orang lain yang lebih kompeten untuk mempresentasikan suatu materi pada klien atau kepada atasan anda, maka tidak ada salahnya jika anda berikan kesempatan kepada rekan tersebut. Selain itu, anda pun harus berani untuk menolak suatu tugas-tugas yang bukan menjadi kompetensi anda.

Jadi usia muda bukanlah hambatan untuk meraih kesuksesan ke jenjang yang lebih tinggi. Yang penting adalah ada keinginan, keyakinan, kemampuan dan semangat yang tinggi. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar