Rabu, 11 Maret 2009

MENGHIDAR STRES


Pola kehidupan modern yang begitu banyak tantangan sehingga seringkali membuat orang menjadi stres. Sebenarnya stres merupakan suatu respon non-specifik dari tubuh terhadap tuntutan atau tantangan. Untuk menyiasatinya sebaiknya anda simak beberapa langkah dibawah ini.

Yang pertama adalah mengkonsumsi makanan bergizi. Karena tubuh membutuhkan makanan yang bergizi. Segala macam penyakit sebenarnya berawal dari apa yang anda makan. Jadi terapkan pola makan yang sehat.

Berolahragalah secara teratur. Karena dengan berolahraga secara teratur akan membantu kelancaran metabolisme tubuh anda. Apabila anda tidak sempat lakukan di pagi hari, cobalah anda berjalan kaki mengitari kantor. Dengan berjalan kaki selama 10 menit akan memberikan manfaat yang berarti untuk tubuh anda.

Hentikan mencari kekurangan pada diri sendiri. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan jangan pernah membenci orang lain. Apabila ada konflik sebaiknya segera selesaikan dan lupakan pengalaman pahit masa yang sudah lalu.

Cintai pekerjaan anda sehari-hari. Jangan mengerjakan sesuatu pekerjaan anda sebagai kewajiban karena itu akan membebani anda. Yang ideal adalah bekerja pada tempat atau bidang yang di sukai karena hal itu membuat anda senang melakukan pekerjaan tersebut.

Cari kesibukan yang berguna dan bangkitkan sikap mental yang positif. Dengan begitu, pemikiran anda akan lebih terprogram pada hal yang positif sehingga memudahkan anda meraih kesuksesan.

Apabila anda dituntut untuk membuat suatu keputusan sebaiknya pertimbangan secara matang. Dengan keputusan yang matang dan tegas akan menghindari anda dari stres.

Lakukan apa yang menjadi hobi kesukaan anda. Lakukan sesuatu hal yang menyenangkan akan membuat anda terlepas dari stres.

Katakan sesuatu dengan rasa penuh humor. Padatnya tugas dan rutinitas yang sering anda hadapi, sudah pasti akan membuat kepenatan dalam otak. Tidak ada salahnya anda buat suasana menjadi lebih berwarna dengan mengungkapkan beberapa lelucon sehat. Atau saat ingin berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan sebaiknya lakukan dengan kata-kata penuh humor.

Bagilah waktu dengan seimbang, luangkan waktu untuk istirahat dan rekreasi. Lakukanlah ibadah dan dekatkan diri pada Tuhan. Sebagai pelengkap anda bisa melakukan meditasi, yoga atau pertemuan kelompok. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar