Senin, 16 Maret 2009

STRES , obatnya?

Belakangan banyak temen2 ku yg lagi stress nie. entah gara-gara kuliah, pacar, kerjaan n masih seabrek lagi tu sebabnya. Ya mungkin dah jadi tren orang jaman sekarang kali yaaaaaaaaa. dikit-dikit stress .hehehehehe

Buat temen-temen yg lagi stress nie da tips buat nyingkirin tu virus :

# Kendalikan pikiran

Manusia rata-rata mempunyai 60.000 pikiran dalam sehari, dan hampir 80% dari pikiran-pikiran itu negatif. Bayangkan, bagaimana pengaruh pikiran ini ke badan anda! Pikiran negatif ini mempengaruhi pola dan kelakuan yang ada di bawah pikiran sadar anda, dan ini mempunyai dampak yang tak sehat di badan anda.

Cara mengatasinya adalah dengan mengubah pikiran-pikiran negatif itu dengan pikiran positif dan berusaha meyakinkan diri anda sendiri bahwa anda adalah apa yang anda pikirkan secara positif. Kalau perlu katakan
pada diri anda: Saya kuat, saya tidak apa-apa, saya bisa melalui semua ini.
Ulangilah afirmasi positif ini sepanjang hari sampai ini mempengaruhi tekanan yang menghimpit anda. Pasti akan ada pengaruh perubahan pada sikap
anda selanjutnya.

# Kurangi hal-hal yg dapat menjadi penyebab stres

Stres, gelisah, insomnia, dan pikiran yang berkelindan atau berjalan terlalu cepat dan sulit dikendalikan biasanya merupakan efek samping dari kebanyakan kafein. Stimulator sistem saraf pusat yang dipengaruhi kafein itu bertentangan dengan relaksasi tubuh dan ketenangan pikiran.

Cara mengatasinya: kurangi minum kopi. Biasakan minum teh aja ya.
Hindari mengurusi masalah orang lain yang sekiranya tidak penting .
Banyak orang yg stres hanya karena mengurusi urusan orang lain yg sebenarnya tidak perlu. Tidak perlu khwatir dicap sebagai orang yang cuek alias g perhatian. Jalani aja yang sekiranya sesuai dg kemampuan berpikir kamu .

# Tarik napas dalam-dalam

Jika anda betul-betul stres, maka napas anda cenderung dangkal, mungkin hanya sampai kerongkongan. Sayangnya, orang dewasa cenderung bernapas seperti ini. cara bernapas seperti ini dapat mempengaruhi tubuh dan memicu stres, dan juga mempengaruhi ketidaktenangan diri (gelisah).

Jika anda bisa belajar bernapas lebih dalam sepanjang hari - dengan bernapas dari diafragma - anda akan mengurangi rasa gelisah dan akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti tekanan darah yang tidak akan meningkat, dan jantung yang stabil. Selain itu, diperkirakan 70% toksin di dalam tubuh kita dikeluarkan melalui pernapasan.

#Perbanyak waktu untuk beribadah dan hindari melakukan hal-hal yang g penting

#Cobalah sekali waktu untuk tidak menjadi orang yang terlalu penurut. Coba katakan tidak untuk hal-hal yang memang sekiranya tidak ingin kamu turuti ,kecuali jika perintah tersebut beitu penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar