Rabu, 11 Maret 2009

TAMPIL YAKIN DIDEPAN UMUM


Siapapun pasti akan merasa gugup saat pertama kali tampil dan berbicara di muka umum. Bahkan, pembicara yang sudah berpengalaman sekalipun, masih sering terserang penyakit “nervous” ini. Tapi bagaimana menyikapinya? Jika anda ingin tampil meyakinkan saat berbicara di depan umum tanpa merasa gugup, simak beberapa langkah dibawah ini.

Saat merasa gugup, seseorang seringkali terasa semua audiens memperhatikan betapa “buruk” penampilan anda. Padahal, pikiran itu belum tentu benar. Tidak semua atau mungkin tidak ada audiens yang mengetahui kegugupan anda, jadi jangan terlalu dipikirkan. Karena perasaan ini akan menimbulkan ketakutan dalam diri sehingga semakin membuat anda gugup.

Persiapkan diri secara matang agar perasaan gugup akan hilang. Banyak orang yang gugup karena mereka tidak siap atau merasa tidak siap. Untuk mengatasi perasaan gugup, ada 2 hal yang harus anda lakukan, yaitu berani mencoba dan bersiap untuk mendapat pujian.

Pengalaman akan membuat anda mampu mengatasi rasa gugup. Pembicara pemula merasa takut karena mereka belum memiliki pengalaman. Tapi begitu anda mulai berbicara maka kepercayaan diri akan muncul dengan sendiri. Jadi mulailah belajar berbicara di depan umum sesering mungkin agar perasaan gugup bisa sirna.

Intinya adalah siapkan materi mulai dari penguasaan materi, wawasan seputar materi agar saat berbicara di depan umum, anda bisa menjelaskan secara detail. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar