Rabu, 11 Maret 2009

MELAWAN LUPA


Padatnya waktu kerja seringkali membuat orang melupakan sesuatu hal yang akan dikerjakan. Sebenarnya hal ini wajar dan alami, karena keterbatasan memori yang dimiliki oleh seorang manusia. Tetapi tentu saja jika hal ini berlangsung terus menerus akan mempengaruhi kinerja anda.

Penyakit lupa bisa menjadi bumerang bagi anda karena akan muncul anggapan bahwa anda tidak profesional dalam bekerja atau tidak menganggap penting suatu hal, yang akhirnya merugikan diri anda. Apabila anda tidak ingin hal ini terjadi, simak beberapa langkah dibawah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi penyakit satu ini.

Catatlah semua tugas yang akan anda kerjakan dalam satu hari. Mencatat merupakan saran yang paling sederhana, mudah dilakukan dan yang paling umum terdengar. Tetapi terkadang banyak orang menunda atau enggan untuk melakukan langkah ini.

Padahal mencatat merupakan langkah terbaik untuk mengatasi lupa. Anda bisa menulis rencana atau janji dalam catatan khusus atau pada ponsel/PDA (personal digital assistant) agar lebih efektif, jangan lupa untuk memasang alarm pada hari dan jam yang bersangkutan.

Apabila anda ingin mencatat rencana atau janji di atas kertas, pastikan anda menuliskannya pada satu tempat khusus. Hal ini dilakukan agar anda tidak membuang waktu untuk mencari kertas tersebut.

Tidak ada salahnya anda gunakan kertas yang bisa ditempel (sticky notes) di meja kerja atau komputer anda agar tidak alpa pada janji yang sudah dibuat.

Jagalah kondisi tubuh. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan berolahraga secara rutin akan membantu anda untuk lebih fokus pada setiap rencana.

Bila kondisi tidak memungkinkan untuk menulis janji dan rencana, seperti saat mengemudi, sebaiknya anda rekan rencana tersebut dengan tape recorder. Pastilah di perangkat seluler anda sudah dilengkapi fasilitas perekam suara, jadi anda bisa manfaatkan.

Langkah lain yang bisa anda lakukan adalah menggunakan fasilitas e-mail reminder. Dengan cara ini anda akan mendapat kiriman e-mail yang mengingatkan akan janji, rencana, event sampai rekan yang berulang tahun beberapa hari sebelum hari H. Semoga berhas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar