Rabu, 11 Maret 2009

TRIK PRAKTIS BELAJAR JARAK JAUH VIA INTRENET

Dengan keterbatasan subjek maupun fasilitas pendidikan di Indonesia, pendidikan jarak jauh melalui Internet menjadi menarik untuk di lirik. Tulisan ini akan memfokuskan tentang beberapa trik tips yang praktis bagi anda yang ingin mencoba melihat kemungkinan pendidikan jarak jauh melalui Internet. Tentunya semua ini tanpa melalui ijin birokrasi di DIKNAS.

Di tengah kontroversi pro kontra pendidikan jarak jauh, baik dari sisi penyelenggaraannya, authentikasi siswa, jaminan kualitasnya. Di samping banyak juga keuntungan yang ada, seperti hemat biaya dan lain-lain. Ada beberapa tips dari Mettapriantini yang mungkin perlu perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengambil pendidikan jarak jauh:

Pilih sekolah yang beraliansi dengan universitas/college yang sudah mempunyai cukup nama. Perhatikan program yang ditawarkan dan pelajaran/modul yang diberikan, apakah dapat sesuai dengan yang diinginkan. Perhatikan sistem penilaian dan cara belajar mengajar, apakah siswa dapat dengan mudah mengakses tugas-tugas yang diberikan dan dapat berinteraksi secara cepat dengan tutor atau dosen dari mata kuliah yang diambil.

Jenis ijasah yang diberikan. Biaya yang harus dibayarkan, apakah biaya tersebut mampu dipenuhi oleh calon siswa. Jangan sampai di tengah jalan ternyata anda tidak mampu menyelesaikan studi hanya karena biaya yang diperlukan tidak cukup.

Perhitungkan juga biaya lain yang harus dikeluarkan untuk proses belajar , misalnya biaya akses internet, biaya pembelian literatur wajib, dan lain-lain. Ingat jika mengambil kuliah atau kursus dari luar negeri berarti literatur yang dibutuhkan adalah literatur asing, biaya ini tidak murah mengingat kurs rupiah kita semakin lama semakin terpuruk akhir-akhir ini.

Kendala bahasa. Jika mengambil sekolah jarak jauh di luar negeri yang notabene bahasa pengantarnya dalah bahasa asing, maka anda memerlukan penguasaan yang cukup memadai terhadap bahasa asing tersebut. Tapi jika anda berhasil lulus minimal anda akan mempunyai kelebihan yaitu dalam penguasaan bahasa asing tersebut.

Program pendidikan jarak jauh banyak sekali yang ditawarkan, di Indonesia anda dapat mengambil program di Universitas Terbuka http://www.ut.ac.id. Sayang sekali kebanyak program-program yang ditawarkan kurang beragam apalagi program-program tertentu hanya dapat diambil oleh lulusan dari sekolah pendidikan guru atau yang sekarang bekerja sebagai tenaga pendidik. Fakultas yang ditawarkan yaitu FMIPA, FISIP, FEKON dan FKIP. Biaya dan persyaratan yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di UT ternyata tidak tercantum di dalam website UT tersebu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar