Rabu, 11 Maret 2009

MENJADI KREATIF


Kreatif memang merupakan bakat dan anugrah, meski tidak semua orang memilikinya. Tapi bukan berarti anda tidak mengasah dan membentuknya. Apabila anda ingin menciptakan kreativitas sebaiknya simak beberapa langkah dibawah ini.

Setiap orang bisa menjadi kreatif. Anda tidak perlu menjadi orang yang sangat spesifik atau unik, apalagi jenius untuk menjadi kreatif. Karena kreativitas bisa diekspresikan dalam berbagai pekerjaan dan aspek kehidupan. Hal ini berarti bahwa anda bisa menciptakan suatu hukum baru, atau cara baru dalam mengisi hidup. Anda bisa menciptakan hal-hal baru atau alternatif baru dalam memecahkan masalah-masalah klasik. Untuk memanfaatkan energi anda menjadi lebih kreatif sebaiknya ikuti langkah berikut ini.

Keluarkan jiwa kanak-kanak anda saat masih belia, yang pasti dibimbing oleh intuisi dan perkiraan. Tapi setelah dewasa, sudah lebih banyak apa yang harus dilakukan dan tidak. Beri pendekatan kekanakan pada setiap proyek, seperti kebebasan dan membuka pikiran.

Dalam berkarya, bagian otak yang logis dan dewasa sering menghalangi karena adanya faktor ketidakmungkinan. Sebaiknya anda abaikan hal itu, karena akan menekan ide-ide kreatif anda, jadi teruslah berkarya.

Izinkan diri melakukan kesalahan. Ada satu langkah dalam kehidupan yang ‘menyuruh’ orang berbuat salah. Seperti mencoba sesuatu yang tidak lazim, dengan tujuan menciptakan sesuatu yang baru. Itu bagus, karena anda akan belajar dari kesalahan itu, agar langkah selanjutnya akan lebih baik.

Isi pikiran kreatif. Memang kreativitas membutuhkan ide segar, jadi lihatlah yang ada disekitar anda. Mungkin anda bisa melihat film, mendatangi toko, museum atau apapun yang anda sukai. Pikiran anda akan menyerap pelbagai hal, yang mungkin bisa menjadi sumber ide.

Cobalah memiliki kegiatan rutin. Saat pikiran sedang buntu, cobalah istirahat sejenak dan kerjakan sesuatu yang sifatnya rutin. Dengan begitu, akan membuat pikiran pragmatis anda sibuk dan pikiran kekanak-kanakan akan muncul secara tiba-tiba.

Setelah ide muncul, segeralah anda tuliskan dalam sebuah buku. Karena ide selalu muncul secara tiba-tiba, jadi anda harus siapkan kertas atau buku dan bolpoint agar ide tidak hilang begitu saja.

Tidak ada salahnya anda menulis apapun yang akan dilakukan setiap pagi. Diantara apa yang anda tuliskan, pasti akan menemukan ide baru. Karena dengan menulis akan merangsang munculnya suatu ide.

Yakin dan percaya bahwa anda mampu melakukannya. Jangan pernah ragu-ragu saat memulai sesuatu. Yang terpenting adalah anda percaya bahwa setiap orang pasti memiliki kekuatan untuk menjadi kreatif.

Sesekali berkhayal tidak ada salahnya, karena terkadang ide datang saat seseorang sedang berkhayal. Jadi apapun bisa anda lakukan agar ide muncul, karena memang kedatangannya tidak bisa diduga-duga. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar