Senin, 28 Februari 2011

KEISTIMEWAHAN KOPI LUWAK

Keistimewaan Kopi Luwak

Hingga kini, Kopi Luwak atau yang disebut Civet Coffee diakui sebagai kopi kampiun di dunia dengan harga jual yang super mahal. Di Amerika Serikat misalnya, untuk mencicipi kopi luwak, Anda harus merogoh kocek US$ 50 bahkan lebih. Itu hanya untuk secangkir kopi luwak. Gila! Di Hongkong, secangkir kopi luwak bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 300.000,- s/d Rp 400.000,- Di Jerman, harga secangkir kopi luwak sekitar Rp 240.000,- Di Jakarta, harga satu cangkir kopi luwak sekitar Rp 80.000,- Sementara, di Denpasar Bali, secangkir kopi luwak harganya bisa mencapai Rp 100.000,- Sedangkan di Medan, kopi luwak dapat dibeli dalam kemasan 4 ons dengan harga sebesar Rp 1.500.000,-

Jika Anda masih bertanya, kenapa kopi luwak bisa menjadi kopi termahal di dunia?

Jawabannya tak lain karena Kopi Luwak Memiliki Pelbagai Keistimewaan, yakni:
Kopi luwak berasal dari biji kopi terbaik. Naluri hewan luwak akan memilih biji kopi paling matang yang biasanya berwarna merah. Bisa dipastikan, 90 persen biji kopi yang dihasilkan oleh hewan luwak adalah yang benar-benar matang, bukan yang mentah. Ini memberi keuntungan, karena pada kopi biasa kemungkinan ada pencampuran antara biji kopi yang mentah dan matang, yang tentunya bisa mengurangi kualitas kopi.

Kopi luwak sudah mengalami proses fermentasi secara alami di dalam pencernaan hewan luwak. Proses fermentasi alami dalam perut luwak memberikan perubahan komposisi kimia pada biji kopi dan dapat meningkatkan kualitas rasa kopi, karena selain berada pada suhu fermentasi optimal, juga dibantu dengan enzim dan bakteri yang ada pada pencernaan luwak. Karena itulah, rasanya kopi luwak beda dengan kopi biasa. Kopi luwak mempunyai aroma yang khas tiada duanya, rasanya nikmat, dan mengandung khasiat menambah energi kaum Adam.

Kopi luwak mengandung kafein yang sangat rendah hanya sekitar 0,5 s/d 1 persen. Rendahnya kadar kafein kopi luwak ini disebabkan oleh proses fermentasi dalam sistem pencernaan luwak yang mampu mengurangi kadar kafein kopi sehingga dapat menciptakan kenikmatan pada kopi luwak dan aroma yang sangat harum atau dengan kata lain kopi tersebut menjadi murni.

Kopi luwak bisa meningkatkan stamina tubuh dan mencegah penyakit diabetus. Sebab, kopi yang dikeluarkan oleh hewan luwak telah mengalami proses fermentasi alami dan sudah diolah oleh orang-orang yang berpengalaman serta menyulapnya menjadi kopi berkhasiat.

Kopi luwak mengandung protein yang lebih rendah dan lemak lebih tinggi. Protein terkait dengan rasa pahit pada kopi, kian rendah protein, maka rasa kopi jadi semakin tidak pahit. Sedangkan kandungan lemak yang tinggi membuat rasa kopi semakin nikmat. Ini sama halnya dengan makanan lain, semakin tinggi lemak, maka makanan akan semakin enak.

Kopi luwak bebas dari pestisida. Ya, bebas dari pestisida, karena pestisida yang terdapat pada kopi telah dibersihkan secara alami di dalam perut luwak, sehingga kopi yang keluar bersamaan dengan feses luwak telah bebas dari kandungan pestisida yang berbahaya. Meski banyak petani yang menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan atau pembusukan pada tanaman, tapi pestisida sendiri seringkali disebut sebagai racun yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kanker, kelainan psikiatrik dan perilaku (ADHD) pada anak, gangguan sistem saraf dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

Karena Keistimewaan Kopi Luwak seperti yang disebut di atas, maka kopi ini menjadi barang mewah yang mahal harganya sampai-sampai mengalahkan harga emas. Saking mahalnya, di lingkungan masyarakat yang menjadikan minum kopi sebagai tradisi seperti Jepang dan Jerman, kopi luwak dikonsumsi pada momen spesial saja. Luar Biasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar