Kamis, 04 Juni 2009

Wow, Penyimpan Data Bisa Tahan Miliaran Tahu


Washington - Tim ilmuwan dari Amerika Serikat melaporkan kesuksesan uji coba perangkat penyimpanan memori yang cukup luar biasa. Sebab di samping diklaim mampu menampung data dengan hitungan terabytes, media penyimpanan ini dapat menyimpan data tanpa mengalami kerusakan sampai hitungan miliaran tahun.

Dikutip detikINET dari Vnunet, Kamis (28/5/2009), perangkat itu berbasis partikel iron nano yang berukuran jauh lebih kecil dibanding rambut manusia. Tim peneliti mengklaim, berbasis teknologi tersebut, dimungkinkan pembuatan perangkat memori berkapasitas raksasa.

Hebatnya, data yang tersimpan hanya kemungkinan kecil mengalami kerusakan sehingga dapat terus tersedia sampai miliaran tahun kemudian. Padahal teknologi memori yang ada sekarang, utamanya yang berbasis flash biasanya rusak dalam hitungan tahun saja.

Alex Zettl, salah satu peneliti menyatakan kalau detail mengenai perangkat itu akan dipublikasikan di media Nano Letters. Jelas masih butuh banyak waktu pula untuk mengimplementasikannya secara massal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar