Sabtu, 23 Mei 2009

Opera Mini Tumbuh Pesat di Afrika


OSLO - Penggunaan browser untuk mobile-phone, Opera Mini di Afrika meningkat drastis sejak Januari hingga September 2008. Perusahaan asal Norwegia, Opera mengklaim penggunaan Opera Mini meningkat 180 persen.

"Bulan demi bulan kami perhatikan, jumlah pengguna opera mini di Afrika meningkat seperti roket," kata CEO Opera Jon von Tetzchner seperti dilansir PC World, Selasa (28/10/2008).

Tetzchner mengatakan, peningkatan tersebut menunjukkan jika Afrika telah berubah dan saat ini banyak orang telah memiliki kemampuan untuk mengakses internet dari lokasi yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. Jumlah tersebut didasarkan pada laporan Opera yang difokuskan pada daratan Afrika.

Sedangkan, pengguna Opera Mini secara global di dunia meningkat 341 persen sejak pada periode September 2007 hingga September 2008. Pengguna browser Opera Mini di Mesir bahkan melampaui pengguna di Jerman.

Sementara itu, berdasarkan laporan International Telecomunication Union mengatakan, industri ponsel di Afrika memang meningkat dua kali lipat. Peningkatan itu mengakibatkan industri PC menurun drastis, karena banyak masyarakat Afrika yang lebih memilih ponsel untuk browsing di dunia maya.

MTN Uganda sebagai perusahaan penyedia layanan Opera Mini telah mengikat kesepakatan dengan pusat perusahaan Opera di Norwegia sejak Agutus 2008. Pada bulan Maret 2008 tercatat pengguna mobile internet di Uganda mencapai 175.568.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar