Sabtu, 23 Mei 2009

Carakan, Mesin Javascript Opera Supercepat

JAKARTA - Opera berhasil menciptakan mesin JavaScript tercepat dan paling portabel di dunia. Bahkan pada SunSpider Benchmark, kecepatannya 2,5 kali dibanding mesin ECMAScript pada Presto 2.2 (Opera 10 Alpha).

"Carakan, yang berasal dari naskah asli Bahasa Jawa yang dikenal dengan Hanacaraka, adalah sebuah jawaban Opera dari berkembangnya permintaan akan aplikasi Web dan Web Surfers," ujar Country Manager Opera Indonesia Annisa N Putri kepada okezone, Kamis (12/2/2009).

Menurut Annisa, Carakan sudah 2,5 kali lebih cepat dibandingkan Furthark, mesin Javascript dari Opera yang digunakan saat ini. Walaupun masih dalam pengembangan, namun dalam beberapa kali percobaan menunjukkan bahwa Carakan 50 kali lebih cepat.

"Ini merupakan langkah besar bagi para pengembang aplikasi Web dimana akan memungkinkan mereka untuk menciptakan generasi aplikasi berikutnya yang hanya memerlukan sambungan koneksi Internet," tutur Annisa.

Mesin tersebut dikembangkan untuk meminimalisir kode footprint dan penggunaan memori, ketimbang memaksimalkan kecepatan eksekusi paling maksimum dengan menggunakan kumpulan instruksi bytecode

Tidak ada komentar:

Posting Komentar